Kolaborasi Menghidupkan Satu sama Lain

0
219

Research and Reach Out

Riset adalah cara untuk menemukan teman yang cocok untuk kolaborasi. Melalui riset kita bisa tahu, apakah keahlian kita dibutuhkan pihak lain, dan apakah pihak tersebut membutuhkan keahlian kita. Sehingga, pada akhirnya hasil riset inilah yang akan membuat kolaborasi terbangun dan kita bisa saling berbagi.

Investasi melalui Keterlibatan

Poin ketiga ini cukup menarik, karena dalam sebuah kolaborasi keterlibatan adalah hal yang penting. Keteribatan banyak pihak memungkinkan adanya kolaborasi baru, keterlibatan juga yang akan mendukung poin referral dalam cara pasif terlaksana.

Menurut Icha, kita harus terbuka kepada siapa saja yang ingin terlibat, meskipun pada awalnya kita tidak begitu sejalan dalam hal gagasan atau kebutuhan. Namun, kita tidak pernah tahu jika kedepannya kita bisa saja saling membutuhkan. Untuk itu, keterlibatan banyak pihak dalam suatu kolaborasi adalah investasi yang menguntungkan.

Poin-poin di atas menjelaskan bagaimana kolaborasi bisa menghidupkan satu sama lain. Hal tersebut pun menjadi sangat mungkin untuk dilakukan saat ini. Kita bisa bermanfaat bagi orang lain, begitupun orang lain kepada kita. Karena kita semua pun tahu, bahwa setiap orang ingin menjadi manfaat bagi sekitarnya, keinginan semua orang itu bisa terwujud melalui kolaborasi. (Tamimah Ashilah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here