Tantangan Darurat Bagi Program CSR

0
1360

Kita mungkin ingat dampak resesi ekonomi yang menghantam perekonomian dunia secara telak pada tahun 2008-2009, saat itu seluruh perusahaan mengubah hampir seluruh tatik berbisnis. Krisis itu juga menjadi tantangan bagi program Corporate Social Respnsibility (CSR) yang tengah berjalan, maka timbul pertanyaan, apakah program CSR ini harus tetap dilanjutkan, dihentikan, atau mungkin harus diperluas cakupannya?

Pertanyaan-pertanyaan ini muncul mengingat dampak krisis menghantam dengan keras sektor keuangan perusahaan, maka menjadi wajar saat program-program sosial menjadi sasaran efisiensi perusahaan.

Posisi ini jelas sangat sulit, sebab sebuah perusahaan jelas memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat, namun di sisi lain mereka harus dengan cermat mengelola sektor keuangan perusahaan yang semakin tiris.

Baca juga: CSR, Komunikasi dan Reputasi

Tapi hari ini muncul tantangan baru bagi program CSR, sebuah pukulan yang bukan saja telak tapi mengejutkan, sebab datang tanpa peringatan dan tak terprediksi. Tantangan tersebut bernama pandemi Covid-19, sebuah wabah yang mengguncang hampir seluruh sendi kehidupan umat manusia di muka bumi.

Lalu apa yang sekiranya harus dilakukan oleh mereka yang terlibat dalam program CSR dalam upaya menghadapi pandemi ini?

Mempertimbangkan risiko terkait perubahan besar pada model bisnis.

Mengingat skala pandemi yang begitu besar, maka banyak perusahaan yang merespon situasi ini dengan program sosial yang mampu mendukung penanggulangan wabah. Banyak perusahaan yang mengalihkan sektor produksinya untuk memproduksi kebutuhan penanganan wabah seperti sanitizer, masker, dan ventilator.

Tentu respon ini baik dan berguna, namun di tengah situasi darurat dan serba panik banyak pihak penyelenggara CSR tidak terlebih dulu mempertimbangkan risiko yang muncul dari keputusan untuk membantu penanganan wabah. Walhasil banyak produk-produk yang telah diproduksi mengalami kesalahan atau ketidaktepatgunaan karena selama proses produksi minim keterlibatan tenaga ahli dan riset.

Berkaca dari kejadian yang banyak terjadi di fase awal pandemi ini, maka pihak penyelenggara CSR baiknya mempertimbangkan segala risiko dalam setiap keputusannya dalam merumuskan program yang akan dijalankan.

Ketimpangan rantai pasokan.

Di tengah pandemi banyak pihak eksekkutif perusahaan yang memutuskan untuk memangkas penghasilannya dan mengalihkannya pada karyawan sehingga mereka dapat mempertahankan [produktivitas kerja dan terselamatkan dari krisis setidaknya untuk sementara waktu. Tindakan ini tentu sebuah sikap yang tepat dan masuk akal, namun bukan berarti dengan begitu persoalan perusahaan dapat dianggap selesai.

Sebuah perusahaan besar mungkin dapat tetap beroperasi dengan skema tersebut, tapi mereka lupa bahwa ada tanggung jawab kepada pihak-pihak yang terlibat dalam ekosistem kerja mereka, seperti perusahaan-perusahaan kecil yang menjadi rekanannya.

Baca juga: Tanggung Jawab Sosial Perusahaan dan Pendidikan Di Masa Sulit

Apabila perusahaan-perusahan kecil ini tidak dapat bertahan maka cepat atau lambat akan terjadi ketimpangan rantai pasokan yang justru mempersulit skema produksi sebuah perusahaan besar. Maka jelas program CSR harusnya dapat merespon persoalan tersebut dengan cepat dan taktis.

Menyelamatkan mereka yang rentan.

Pandemi menyerang langsung pada sektor kesehatan dan ekonomi, tapi selain itu faktor sosial adalah yang paling terdampak, terutama pada mereka yang masuk dalam golongan masyarakat rentan.

Ancaman penyakit, kesulitan pangan, bahkan pengangguran adalah beberapa diantaranya. Bertolak dari situasi ini pihak swasta atau perusahaan dituntut untuk dapat meresponnya dengan baik.

Respon Perusahaan

Pandemi menjadi tantangan yang mengejutkan dengan kemunculannya yang begitu mendadak, namun dengan situasi ini mungkin sektor ekonomi terutama perusahan dapat kembali mempertimbangkan dan mengevalusai prioritas dan jangkauan tanggung jawab sosial yang telah dilakukan maupun perencanaan ke depannya. (Ignavus Canis)

Disadur dari artikel: https://www.kcl.ac.uk/news/covid-19-poses-new-challenges-corporate-social-responsibility-efforts

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here