Garasi (Gagasan dan Kolaborasi): Memulai Dengan “Giziku Untuk Anakku”

0
2961

Nurshiva merupakan seorang wanita berusia 25 tahun yang baru saja menikah bulan Maret 2020 lalu. Setelah tiga bulan menikah pasangan muda ini dikarunia calon bayi yang dikandungnya. Dalam masa pandemi Covid-19 ini shiva dan suaminya khawatir dengan kesehatan janin, juga bagaimana persiapan yang mesti dilakukan. Pasangan ini merupakan satu ilustrasi dari pasangan di Indonesia yang mengalami perubahan pola kerja dengan sistem Work From Home, sehingga banyak waktu yang bisa digunakan bersama walau sambil bekerja. Menurut Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN), Selasa (19/5/2020), ada lebih dari 400.000 kehamilan tak direncanakan selama masa pandemic covid-19. Dengan penambahan angka kehamilan itu, di awal tahun 2021 mungkin ada lebih dari 420.000 bayi akan lahir. Maka, akan orang tua harus mempersiapkan banyak hal, salah satunya dari segi pengetahuan.  Pengetahuan untuk dapat mempersiapkan mulai masa kehamilan, hingga bayi berusia dua tahun agar selalu tercukupi gizinya dan tidak menyumbang angka stunting di Indonesia.

Untuk itulah Gagas Inspirasi Nusantara melalui kegiatan Gagas Talenta Academy, mencoba hadir mendampingi persiapan dan menyampaikan informasi kepada para orang tua/ calon orang tua sedini mungkin, demi calon bayi yang sehat dan kehamilan yang normal. Seri Pembelajaran Online ini merupakan wujud komitmen kami untuk memberikan edukasi kesehatan kepada ibu dan keluarga muda mengenai kesehatan ibu dan anak, khususnya persiapan 1000 Hari Pertama Kehidupan di masa pandemi, dimana pembelajaran tatap muka langsung menjadi sulit dilakukan. 1000 Hari Pertama Kehidupan adalah masa sejak anak dalam kandungan sampai seorang anak berusia dua tahun. Edisi pertama Gagas Talenta Academy edisi 1000 HPK series bertemakan Giziku untuk Anakku diadakan Rabu lalu, 4 Agustus 2020 dengan dihadiri 32 peserta yang berasal dari berbagai daerah.  Kelas ini membicarakan topik 1000 HPK yang fokus pada masa kehamilan, yang meliputi pentingnya 1000 HPK terkait masalah gizi selama kehamilan, suplemen saat hamil, asupan gizi masa kehamilan dan contoh olahan rumahan yang bergizi untuk ibu hamil selama masa pandemi covid 19. Kedua materi tersebut disampaikan secara interaktif, sederhana dan informatif oleh dr.Lilian dan Devina.

Baca juga: Stakeholder: Teman Tumbuh Masyarakat

Menurut paparan dr.Lilian dikatakan bahwa ada 4 kunci penting yang harus diperhatikan selama masa 1000 HPK yaitu

  1. Asupan gizi selama masa kehamilan, menyusui hingga bayi memulai makanan pendamping ASI di usia 6 bulan. Bagi ibu hamil dan menyusui, sebaiknya makan makanan bergizi dengan komposisi gizi seimbang, yang mengandung karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral.
  2. Stimulasi berupa pujian dan kasih sayang dimulai sejak dalam kandungan. Stimulasi ini bisa dilakukan dengan cara memberi afirmasi positif secara langsung kepada bayi, mendengarkan lagu-lagu yang menenangkan, dan selalu mengusap perutnya selama hamil, baik oleh sang ibu maupun ayah.
  3. Proteksi selama kehamilan bisa dimulai dengan imunisasi lengkap selama hamil dan imunisasi lengkap untuk bayi hingga 2 tahun. Selain itu diperhatikan perilaku hidup bersih dan sehat selama hamil.
  4. Evaluasi selama kehamilan hingga anak usia 5 tahun sangat diperlukan untuk memotret tumbuh kembangnya. Pemerintah sudah mengeluarkan buku pedoman yang bisa digunakan orang tua balita dalam mengevaluasi tumbuh kembang sejak dini yaitu buku KIA (Kesehatan Ibu dan Anak). Buku KIA bisa didapatkan secara gratis di Puskesmas. Jadi jangan sampai lupa untuk mendapatkan buku ini sejak masa kehamilan ya.

Baca juga: Semangat Yang Dipantik, Berbuah Praktik Baik

Selanjutnya, Devina memberikan penjelasan lebih detail mengenai pembagian porsi selama masa hamil dan resep mudah olahan makanan yang bisa diaplikasikan secara langsung di rumah. Kelas Gagas Talenta Academy ini masih akan berlanjut dengan tema ASI Eksklusif dan MP ASI selama bulan Agustus 2020 ini secara gratis. Selain kelas mengenai kesehatan ibu dan anak, Gagas Inspirasi Nusantara yang merupakan perusahaan yang mendorong terjadinya proses pembangunan berkelanjutan (sustainable development) dan perubahan sosial, juga membuka ruang belajar yang lebih comprehensive di bidang community development dan sudah dijalankan secara konsisten sejak bulan Juni 2020 lalu. Agenda kelas Gagas Talenta Academy selanjutnya di bidang Comdev akan membahas Strategi Memahami Komunitas yang akan dilaksanakan 13 dan 15 Agustus 2020 dengan biaya yang terjangkau. Jadi, yuk manfaatkan kemudahan ruang belajar online ini untuk menambah ilmu dan skill di masa pandemic covid-19. (Rima Sumayyah Ahmad, Project Officer PT Gagas Inspirasi Nusantara)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here