6 Kuliner Indonesia Yang Sehat dan Kaya Gizi (No.6 Kamu Gak Bakal Nyangka)

0
1091

Indonesia sangat kaya akan kulinernya yang khas dan beragam, kita semua tahu itu, kecuali kalian anak kost pemuja mie instan, yang daya belinya hanya cukup untuk mengganti rasa saja. Lebih baik mundur, tulisan ini bukan untuk kalian.

Kuliner Indonesia terkenal akan rasanya yang lezat, rumit, tapi maknyuss. Ia juga terkenal karena mengandung berbagai zat yang diperlukan tubuh. Berikut adalah sajian kuliner Indonesia yang terkenal kelezatannya, namun juga dipenuhi nilai gizi yang joss.

 

1. Gado-gado

Gado-gado adalah kuliner khas Indonesia (tepatnya khas tikungan, sebab biasanya mangkal di sekitar tikungan) yang terbuat dari sayuran yang direbus dan disajikan dengan saus kacang. Oleh karenanya, gado-gado baik untuk dimakan karena rendah kalori dan juga sehat. Anda juga dapat menambahkan irisan telur rebus untuk menambah kadar protein dan kekinyisannya. Jika Anda ingin mengurangi jumlah kalori yang disantap, Anda bisa mengurangi porsi saus kacang atau menggantinya dengan kecap manis.

 

2. Sop

Bukan, ini bukan sapaan antara sesama pemuda kota. Indonesia kaya akan kuliner berkuah, namun kebanyakan kuah tersebut mengandung santan sehingga tinggi kadar lemak. Meskipun begitu, bukan berarti Indonesia tidak memiliki makanan berkuah yang sehat dan kaya gizi.

Nah salah satu makanan berkuah yang tetap sehat dan bergizi adalah sop bening. Sop ini biasanya menggunakan kuah kaldu bening dan diisi dengan sayuran segar, seperti wortel, kentang, jamur, dan seledri. Anda juga bisa menambahkan potongan ayam atau daging. Karena tidak digoreng, sop ini mengandung kadar lemak yang lebih sedikit. Namun Anda juga perlu memerhatikan penggunaan gula dan garam agar kualitas gizinya tetap terjamin.

 

3. Asinan Betawi

Asinan betawi berisikan sayur-sayuran, seperti sawi, kembang kol, tauge, selada, kacang tanah goreng, dan tahu putih. Ia kemudian dikuahi dengan bumbu kacang segar yang dicampur dengan cuka dan capai, serta dilengkapi dengan kerupuk dan mie kuning.

Zat gizi yang terkandung di dalam asinan Betawi sangatlah melimpah karena ia terbuat dari sayuran-sayuran segar dan tidak melewati proses pemasakan.

Oleh karenanya, vitamin-vitamin dan mineral dalam asinan Betawi tidak rusak ataupun hilang, dan bumbu kacang yang disiram di atas sayuran asinan ini mengadung protein yang baik bagi tubuh.

 

4. Tumisan

Tumisan adalah cara mudah untuk makan enak dan sehat, bahkan kamu dapat masuk golongan manusia yang percuma kalau sampai tidak bisa membuat tumisan. Jadi tidak ada aturan tentang bahan makanan apa yang dapat ditumis. Anda dapat menumis sayuran, tempe, tahu, dan lainnya hingga menjadi makanan yang lezat untuk disantap.

Tumis umumnya berisikan banyak sayur sehingga ia baik untuk di santap. Ia juga tidak banyak menggunakan minyak sehingga tidak menyerap banyak lemak. Anda dapat mengganti minyak Anda dengan olive oil agar lebih sehat. Namun, dalam membuat tumisan, Anda perlu memerhatikan lamanya memasak dan panas masakan Anda, agar sayuran yang ditumis tidak layu dan kehilangan manfaat mereka.

 

5. Telur Balado

Bagi Anda yang menggemari makanan pedas, Anda dapat mencoba telur balado. Telur balado umumnya dibuat dengan cara merebus telur dan disiram dengan tumisan bawang putih, bawang merah, dan cabai serta menambahkan garam dan gula sebagai sambal baladonya. Kandungan protein dalam telur cukup tinggi sehingga baik bagi regenerasi sel dan pertahanan tubuh.

 

6. Wow!

Nah pasti Anda tidak menyangka, kalau nomor 6 sebenarnya tidak ada. Mantap kan?